Ingin Diet namun Bermasalah dengan Lambung? Jangan Khawatir Semua Ada Solusinya!

http://indianaexpress.com
http://indianaexpress.com

Penulis : Yockie Dheafithraza, Apt.

Banyak orang takut diet karena bermasalah dengan lambungnya. Masalah tersebut bisa berupa dyspepsia (maag), Gastritis (radang pada lambung), ulcer (luka pada lambung) atau bahkan Gastro Esophageal Reflux Diseases (GERD) sekalipun. Padahal menjaga pola makan merupakan hal yang penting untuk menjaga kesehatan, terlebih lagi jika sudah obesitas.

Berdasarkan American College of Gastroenterology, yaitu organisasi para dokter spesialisasi saluran pencernaan, mengatakan bahwa tidak ada diet yang spesifik bagi orang menderita gangguan lambung khususnya pada penderita ulcer (luka). Pada penderita ulcer, rekomendasi diet makanan adalah yang dapat menghindari dari serangan bakteri Helicobacter pylori, yang merupakan salah satu penyebab ulcers.

Adapun beberapa makanan yang berguna untuk menghindari dari terjadinya kambuhan pada ulcer, antara lain :

  • Apel
  • Strawberry
  • Wortel
  • Brokoli
  • Bawang Putih
  • Kol

Makanan diatas dapat menangani ulcer, karena makanan diatas memiliki kandungan kaya antioksidan. Mereka dapat melindungi dan mengaktifkan system imun untuk mengatasi infeksi.

Adapun makanan dan minuman yang perlu dihindari pada saat melakukan diet dengan gangguan lambung, antara lain :

  • Kopi / kaffein
  • Makanan pedas
  • Alkohol
  • Makanan asam

Tips lainnya berdasarkan rekomendasi dari beberapa dokter, antara lain :

  • Kurangi porsi makan, namun jangan melewatkan waktu makan karena perut yang kosong dalam waktu lama dapat menyebabkan produksi asam lambung meningkat
  • Makanlah dengan porsi sedikit namun sering (5 – 6 kali sehari dengan porsi kecil-kecil)
  • Minum cukup air putih minimal 2 liter sehari
  • Hindari konsumsi makanan cepat saji, makanan yang digoreg atau mengandung lemak tinggi (daging berlemak, jeroan, santan, keju, mentega, krim)
  • Berolahraga terartur 3 – 5 kali dalam seminggu selama 30 menit – 1 jam persesi
  • Bergerak secara aktif dalam aktivitas sehari-hari seperti berjalan kaki, naik turun tangga, mengerjakan pekerjaan rumah seperti berkebun atau membersihkan rumah
  • Beristirahat cukup dan meminimalisir stress untuk mengontrol kadar hormone dalam tubuh yang berperan dalam penyimpanan lemak

Namun, jika mengalami kesulitan untuk mengatur pola diet yang sesuai, maka tidak ada salahnya berkonsultasi dengan dokter spesialis gizi agar dapat disusun pola diet dan olahraga yang tepat sesuai dengan kebutuhan.

Sumber :

  1. Marcin, Judith. 2017. Stomach Ulcer Diet. Avaiable Online at https://www.healthline.com/health/stomach-ulcer-diet (Diakses pada 27 Agustus 2018)
  2. Butler, Natalie. 2017. Gastritis Diet: What to Eat and What to Avoid. Avaiable online at https://www.healthline.com/health/gastritis-diet (Diakses pada 27 Agustus 2018)
  3. Sukiman, Muliani dr. 2017. Diet untuk penderita asam lambung. Avaiable Online at https://www.alodokter.com/komunitas/topic/diet-untuk-yang-memiliki-asam-lambung (Diakses pada 27 Agustus 2018)

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*