Hati-hati! Kebiasaan Ini Dapat Menyebabkan Asam Lambung Naik!

Sumber gambar: freepik.com

Asam lambung memiliki peran yang penting untuk sistem pencernaan. Asam lambung membantu tubuh kita dalam memproses makanan dan membunuh bakteri berbahaya yang masuk bersama makanan. Namun asam lambung yang berlebihan dapat membuat Anda tidak nyaman untuk berkegiatan sehari-hari. Meskipun dalam banyak kasus, naiknya asam lambung diangggap hal yang biasa, namun hal tersebut dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius jika dibiarkan dan tidak diobati. Gejala yang dapat terjadi akibat kenaikan asam lambung adalah perih atau rasa terbakar pada ulu hati, sakit perut, kembung, dan mual. Ada banyak pemicu terjadinya kenaikan asam lambung yang perlu kita ketahui agar dapat kita hindari. Berikut akan dibahas secara singkat pada artikel ini.

.

Makanan pemicu asam lambung naik

  • Makanan tinggi lemak
    Makanan berlemak seperti daging merah dan gorengan merupakan salah satu makanan yang dapat menjadi pemicu naiknya asam lambung. Makanan berlemak membutuhkan waktu yang lebih lama untuk dicerna sehingga pengosongan lambung akan menjadi lebih lambat dan memicu produksi asam lambung yang berlebih. Konsumsi makanan tinggi lemak dengan porsi yang berlebihan juga dapat melemahkan otot katup antara kerongkongan dan lambung sehingga asam lambung dapat lebih mudah untuk naik ke kerongkongan dan menimbulkan keluhan rasa terbakar pada dada. Selain itu, makanan berlemak merangsang pelepasan kolesistokinin yang juga dapat memicu relaksasi dari otot katup antara kerongkongan dan lambung.

  • Bumbu dapur
    Kelompok bumbu dapur seperti bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay juga dapat memicu terjadinya asam lambung naik. Selain itu, bawang juga dapat menyebabkan produksi gas berlebih karena mengandung fruktan yang merupakan serat larut yang dapat menyebabkan kembung.

  • Beberapa buah
    Buah yang asam seperti jeruk, jeruk bali, lemon, dan tomat juga merupakan salah satu makanan yang dapat memicu timbulnya keluhan nyeri ulu hati dan sensasi terbakar pada dada.

  • Makanan tinggi gula
    Beberapa makanan lain seperti cokelat, makanan tinggi gula juga dapat menjadi penyebab naiknya asam lambung. Memang, tidak setiap orang memiliki makanan pemicu yang sama. Jika Anda sering merasakan gejala akibat naiknya asam lambung setelah mengonsumsi makanan yang ‘itu-itu saja’, tidak ada salahnya jika jenis makanan tersebut Anda eliminasi dari menu diet Anda.

.

Baca juga: Hati-hati GERD, Jika Lengah akan Berakhir Petaka

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*