Bagaimana Cara Mengatasi Heartburn Sendiri?

Sumber gambar: freepik.com

Heartburn adalah sensasi panas terbakar pada area dada dan perut bagian atas yang diakibatkan karena naiknya asam lambung. Rasa nyeri ini biasanya bertambah buruk saat Anda dalam posisi tidur dan setelah makan. Sensasi panas terbakar ini terjadi akibat isi lambung kembali naik ke kerongkongan dan mengiritasinya. Antara kerongkongan dan lambung, terdapat suatu sfingter atau katup yang jika berfungsi dengan baik akan menutup ketika makanan meninggalkan kerongkongan dan memasuki lambung. Pada beberapa orang, sfingter tersebut tidak berfungsi dengan baik atau menjadi lemah. Hal ini menyebabkan isi lambung termasuk asam lambung dapat mencapai kerongkongan.

Kondisi kesehatan lain seperti hiatal hernia (bagian atas lambung masuk ke rongga dada melalui celah otot diafragma yang melemah) dan kehamilan juga sering menyebabkan keluhan heartburn. Kondisi lain seperti merokok, kelebihan berat badan atau obesitas, konsumsi makanan minuman pemicu, dan obat golongan NSAID seperti aspirin atau ibuprofen juga dapat memperburuk keluhan heartburn.

Apabila keluhan tersebut sedang muncul, aktivitas dan kualitas hidup Anda dapat saja terganggu. Lalu, bagaimana cara mengatasi heartburn secara mandiri? Berikut beberapa tips yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi heartburn yang terjadi.

.

Tetap terjaga setelah makan

Saat Anda berdiri atau duduk, gaya gravitasi dapat membantu menjaga asam tetap di lambung. Lambung membutuhkan waktu untuk memproses makanan dan mengeluarkan asam untuk membantu mencerna makanan. Berikan waktu sekitar 3 – 4 jam untuk lambung bekerja setelah Anda makan dan tundalah sementara untuk tidur. Hindari kebiasaan mengonsumsi camilan sebelum tidur dan makan terlalu malam agar menghindari tertidur setelah makan.

.

Perhatikan posisi tidur

Mengatur posisi tidur berperan penting dalam mengatasi heartburn. Posisi tidur telentang dapat mempermudah naiknya asam lambung ke kerongkongan karena kerongkongan dan lambung sejajar atau berada pada tinggi yang sama. Cobalah berbaring dengan posisi tubuh bagian atas lebih tinggi dari lambung. Kepala Anda sebaiknya lebih tinggi sekitar 15 – 28 cm dari badan Anda. Selain itu, posisi tidur menghadap kiri dikatakan dapat mencegah dan mengurangi keluhan heartburn.

.

Makanlah sedikit-sedikit namun lebih sering

Asam lambung akan diproduksi setiap kali Anda makan. Ketika perut sangat penuh, makanan berlebih di perut dapat menyebabkan sfingter melonggar dan lebih banyak asam lambung yang diproduksi sehingga asam dapat naik mencapai kerongkongan. Cobalah untuk makan dengan porsi sedikit-sedikit namun sering dibandingkan makan 2-3 kali sehari dengan porsi besar.

Punya keluhan sakit maag/ lambung/ GERD?
Isi survei kami di
bit.ly/surveiherbalYGI

Baca juga: 5 Kunci/Tips Pola Makan Bagi Penderita Asam Lambung

.

Mengonsumsi makanan yang aman bagi penderita asam lambung

Makanan berikut aman dikonsumsi untuk penderita asam lambung diantaranya makanan kaya protein rendah kolestrol seperti ikan salmon, daging unggas tanpa lemak, kacang-kacangan, buah-buahan tinggi serat dan mineral terutama apel, pir, alpukat, melon, dan pisang, sayuran hijau, kentang, putih telur, dan air jahe. Menambah asupan serat dan menghindari sementara makanan tinggi lemak merupakan rekomendasi makanan untuk Anda yang mengalami keluhan heartburn.

.

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*