Diet BRAT: Diet Saat Mengalami Gangguan Saluran Pencernaan

Sumber gambar: freepik.com

Saat mengalami sakit perut, muntah, dan diare, Anda pasti merasa tidak nyaman. Jika tidak diobati, sakit tersebut dapat menyebabkan kelelahan, mengganggu aktivitas, dan dehidrasi. Penting untuk kita memastikan tubuh mendapatkan cukup makanan yang sehat bernutrisi dan cairan. Mungkin sulit untuk menentukan jenis makanan apa yang harus kita makan saat muntah atau diare. Suatu diet khusus yang dikenal dengan diet BRAT sering disebut-sebut sebagai diet yang dapat dipilih untuk mengurangi keluhan pada sistem pencernaan. Lalu, apakah sebenarnya diet BRAT itu?

.

Apa itu Diet BRAT?

Diet BRAT adalah diet yang terdiri dari pisang (Banana), nasi (Rice), apel yang dihaluskan (Apples sauce), dan roti panggang (Toast). Diet ini menjadi pilihan diet bagi orang yang sedang mengalami gangguan pencernaan seperti diare. Pada saat diare, usus kita akan mengalami gangguan penyerapan dan pembentukan tinja. Oleh karena itu, diperlukan makanan yang dapat memberikan kesempatan pada usus untuk beristirahat dan mengurangi jumlah tinja yang dihasilkan, salah satunya adalah diet BRAT.

Studi menunjukkan pisang mengandung pektin, yaitu suatu zat tepung yang bermanfaat bagi saluran pencernaan. Studi tersebut meneliti efek dari pisang hijau bagi penyakit saluran cerna. Hasilnya, pisang hijau yang dijadikan bubur dapat mengurangi keluhan diare bahkan sembelit pada anak-anak. Pisang juga mengandung kalium yang dapat membantu penyerapan air dan elektrolit. Studi lainnya yang meneliti hubungan konsumsi nasi dengan penyakit saluran cerna mendapatkan hasil bahwa nasi dalam bentuk sup ternyata efektif dapat mengobati diare pada anak-anak dan lebih baik lagi jika dibarengi dengan minum cairan sesuai jumlah yang ditentukan.

.

Baca juga: Apa Saja Makanan yang Sebaiknya Tidak Dikonsumsi Bersamaan Agar Pencernaan Tidak Terganggu?

.

Apa Saja Manfaat Diet BRAT?

Sejak dulu, diet BRAT merupakan diet yang direkomendasikan untuk mengobati masalah diare. Sebab, diet ini mudah dicerna oleh saluran pencernaan sehingga dikatakan dapat meringankan masalah pada perut. Diet BRAT memiliki beberapa manfaat yang dipercaya, diantaranya adalah:

Membuat tinja menjadi lebih padat
Diet BRAT mengandung rendah serat. Diet BRAT mampu menyerap cairan berlebihan di usus sehingga dapat memadatkan tinja yang cair.

Mudah dicerna
Diet BRAT mengandung rendah lemak dan protein sehingga mereka tidak membebani kerja lambung dan saluran pencernaan lainnya.

Mengurangi mual
Karena rasa dan aromanya tidak terlalu kuat, diet BRAT cenderung tidak menyebabkan mual atau muntah.

Diet BRAT memang sejak lama direkomendasikan untuk memperbaiki gangguan pencernaan. Namun, baru-baru ini terdapat pro dan kontra terhadap efek diet BRAT terhadap tubuh dan belum ada uji klinis yang melihat apakah diet BRAT efektif sebagai pengobatan untuk diare dan penyakit gastrointestinal lainnya.

.

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*