Penanganan Mandiri Nyeri Perut: Kapan Saya Harus ke Dokter?

Sumber gambar: freepik.com

Nyeri perut merupakan rasa nyeri yang terletak pada area diantara dada dan pinggang. Nyeri perut dapat digambarkan seperti kram, nyeri tumpul, nyeri tajam, dan nyeri hilang timbul. Nyeri perut merupakan keluhan yang umum ditemukan pada kehidupan sehari-hari. Biasanya masyarakat sendiri dapat menganalisa apa penyebab dari nyeri perutnya. Umumnya masyarakat menganggap masuk angin dan konsumsi makanan pedas dan asam menjadi penyebab dari nyeri perut yang dialaminya. Penyebab nyeri perut sebenarnya banyak sekali, dapat disebabkan karena adanya infeksi, inflamasi/peradangan, obstruksi/penyumbatan, gangguan pergerakan, dan mungkin saja karena kelainan bawaan.

Tidak ada yang dapat memprediksi kapan kita akan mengalami keluhan nyeri perut. Kadang-kadang nyeri perut yang dirasakan muncul perlahan-lahan atau bahkan bisa mendadak muncul. Kadang nyeri dirasakan ringan dan kadang dirasakan nyeri sekali yang tak tertahankan. Nyeri perut sendiri dapat dibagi berdasarkan letak nyerinya, contohnya apabila nyeri pada perut kanan atas maka kita dapat curiga adanya gangguan pada organ hati dan empedu. Jadi, bagaimana penanganan mandiri nyeri perut dan kapan harus ke dokter?

.

Apa yang dapat kita lakukan saat nyeri perut?

Nyeri perut termasuk dalam keluhan yang paling umum dikeluhkan oleh pasien yang datang ke unit gawat darurat. Nyeri perut yang dapat dirasakan diantaranya adalah nyeri tajam yang seperti ditusuk-tusuk, dan juga nyeri tumpul di area perut. Namun, setengah kasus yang datang ke unit gawat darurat umumnya dapat dipulangkan setelah penanganan adekuat, sedangkan sisanya adalah kasus yang perlu tindakan atau penanganan lebih lanjut.

Berdasarkan data diatas, tentu menjadi perhatian bagi kita untuk dapat mengenali dan melakukan penanganan mandiri terhadap keluhan nyeri perut jika suatu saat kita atau orang terdekat kita mengalami keluhan tersebut. Penanganan utama tentunya adalah dengan mengatasi sumber penyebab utama munculnya keluhan tersebut. Namun, sebagai orang awam kita dapat mencoba melakukan penanganan awal dan mandiri untuk membantu mengurangi keluhannya yang pada akhirnya bisa saja menghilangkan nyeri perutnya.

Punya keluhan sakit maag/ lambung/ GERD?
Isi survei kami di
bit.ly/surveiherbalYGI

Beberapa cara yang dapat dilakukan untuk membantu menurunkan keluhan nyeri perut, yaitu:

  1. Membagi porsi makanan menjadi porsi lebih sedikit namun sering. Hal ini akan membantu menurunkan kerja dari saluran cerna tanpa mengurangi nutrisi yang seharusnya kita konsumsi, sehingga dapat membantu dalam proses penyembuhan.
  2. Hindari konsumsi makanan asam, pedas, dan berminyak yang dapat menyebabkan perut semakin tidak nyaman.
    Hindari konsumsi kafein dan minuman berkarbonasi. Minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh, serta soda juga harus dihindari karena sifatnya yang asam dapat merangsang produksi asam lambung.
  3. Penggunaan air hangat atau pemanas hangat (kompres botol berisi air hangat atau bantal pemanas) pada area perut untuk membantu menurunkan tegangan pada otot perut. Penurunan tegangan tersebut akan membantu menurunkan tekanan dalam perut dan mengurangi keluhan.
  4. Kelola stress. Para ahli medis mengungkapkan, sebagian besar masalah pencernaan dipicu oleh kondisi psikologis seseorang. Ada hubungan yang kompleks antara otak saat stress dengan kondisi usus. Untuk itu disarankan untuk mengendalikan stress yang dirasakan.

.

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*