Penting! Bakteri-bakteri Ini Sering Menginfeksi Saluran Cerna

Sumber gambar: freepik.com

Masalah pada saluran cerna tentu bukanlah hal yang asing bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Gejala yang dialami ketika ada gangguan pada pencernaan kita dapat beragam, mulai dari diare, konstipasi, nyeri perut, mual, muntah, kembung, hingga gejala yang bersifat sistemik seperti demam dan kelelahan. Penyebab dari masalah pencernaan pun beragam, dapat diakibatkan oleh keracunan makanan, alergi, gangguan penyerapan makanan, tumor/ keganasan, gangguan struktur anatomi, hingga infeksi yang akan dibahas pada artikel ini. Infeksi pada saluran pencernaan dapat disebabkan oleh bakteri, virus, jamur, atau protozoa.

.

Bakteri merupakan mikroorganisme bersel tunggal, disebut mikroorganisme karena bakteri tidak tampak pada mata telanjang sehingga harus dipelajari menggunakan alat pembesar seperti mikroskop. Bakteri umumnya dapat hidup dimana saja tergantung habitatnya mulai dari tanah, air, mata air panas, area asam, hingga pada tubuh manusia seperti di kulit, rambut, hingga saluran pencernaan.

Sama seperti kebanyakan penyebab infeksi lain, bakteri dapat menginfeksi saluran cerna melalui makanan/minuman yang higienenya tidak terjaga dengan baik. Bakteri yang terdapat pada makanan ikut masuk melalui mulut, kerongkongan, lambung, usus halus, usus besar hingga dapat keluar melalui anus. Umumnya, bakteri dapat dilawan oleh sistem pertahanan tubuh manusia, salah satunya melalui asam lambung yang dapat mematikan bakteri. Namun, apabila makanan sangat kotor dengan jumlah bakteri yang banyak dan tidak dapat dinetralkan oleh asam lambung, bakteri yang masuk dapat berlanjut ke usus halus dan menetap disana untuk beberapa waktu hingga menyebabkan gangguan pencernaan sampai gangguan yang bersifat sistemik.

Berikut beberapa bakteri yang sering dan dapat menyebabkan gangguan pada saluran pencernaan kita.

.

Escherichia coli

Umumnya bakteri ini merupakan flora normal pada saluran pencernaan manusia. Namun, apabila keseimbangan mikrobiota pada saluran pencernaan manusia terganggu, bakteri ini dapat menimbulkan penyakit dan gejala seperti diare, demam, hingga diare berdarah. Penularan bakteri ini dapat melalui higiene yang buruk dari makanan/minuman yang dikonsumsi. Bakteri ini juga banyak ditemukan pada daging yang tidak dimasak hingga matang dan sayur buah yang dicuci tidak bersih.

Baca juga: Ketahui Penanganan Diare Akut yang Tepat

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*