5 Manfaat Berjalan Setelah Makan

Sumber gambar: freepik.com

Hampir setiap hari kita pasti berjalan kaki namun belum semua menyadari akan manfaat yang didapatkan dari jalan kaki. Berjalan kaki adalah aktivitas yang mudah dilakukan namun memberikan sejumlah manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Berjalan kaki merupakan aktivitas yang dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja. Penelitian menunjukkan bahwa berjalan kaki setelah makan pun memiliki banyak keuntungan bagi tubuh kita.

Seringkali kita merasa kenyang setelah makan dan muncul rasa malas untuk beraktivitas dan memilih untuk istirahat atau malah berbaring. Padahal kebiasaan berbaring tepat setelah makan dapat menimbulkan masalah bagi saluran cerna kita. Pada kondisi tersebut, sebaiknya yang kita lakukan adalah berjalan kaki selama beberapa menit untuk melancarkan proses pencernaan kita. Mengapa disarankan untuk berjalan setelah makan? Berikut akan dibahas manfaat berjalan kaki setelah makan yang telah kami rangkum.

.

Melancarkan pencernaan

Olahraga rutin seperti berjalan kaki terbukti dapat menurunkan keluhan perut penuh dan kembung pada orang dengan sindroma iritasi usus besar (IBS). Studi menunjukkan bahwa berjalan kaki setelah makan dapat mengurangi keluhan pada saluran cerna dengan meningkatkan jumlah langkah harian. Berjalan kaki setelah makan membantu saluran cerna kita untuk memproses makanan yang masuk ke lambung sehingga membuat makanan bergerak lebih cepat sampai usus. Proses mencerna makanan yang lebih cepat juga dapat menurunkan kejadian refluks makanan dari lambung ke kerongkongan, mencegah keluhan heartburn atau rasa panas terbakar pada dada, dan mencegah terjadinya sembelit.

.

Baca juga: Mengapa Olahraga Baik Untuk Saluran Cerna Kita?

.

Mengontrol gula darah

Studi menunjukkan bahwa berjalan kaki setelah makan dapat membantu menurunkan dan mengontrol kadar gula darah pada orang yang memiliki penyakit kencing manis dibandingkan tidak berjalan atau berjalan kaki sebelum makan. Hasil studi tersebut menunjukkan bahwa penurunan gula darah terbesar adalah pada saat berjalan kaki setelah makan malam dibandingkan pada waktu lainnya. Penelitian lain yang mendukung menunjukkan bahwa berjalan kaki selama 10 menit setiap setelah makan dapat menurunkan kadar gula darah lebih baik dibandingkan dengan satu jalan kaki selama 30 menit. Karena gula darah meningkat maksimal pada 30 – 60 menit setelah kita makan, maka berjalan kaki sebaiknya dimulai sebelum kenaikan kadar gula tersebut mencapai maksimum.

.

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*