Pepaya: Buah Beragam Manfaat untuk Pencernaan dan Tubuh Kita

Sumber gambar: freepik.com

Buah pepaya merupakan buah yang mudah ditemukan di negara beriklim tropis. Nama latin tumbuhan pepaya dikenal sebagai Carica papaya. Tumbuhan ini tumbuh di negara-negara dengan iklim tropis maupun subtropis. Tumbuhan pepaya merupakan salah satu tumbuhan berbuah yang paling banyak ditanam di dunia sehingga penggunaannya pun luas dan seringkali digunakan sebagai pengobatan terhadap keluhan tertentu. Buah ini tentunya tidak asing dan biasa dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Buah pepaya tidak hanya dijadikan sebagai makanan, namun juga sebagai “pengobatan” tradisional yang dapat digunakan untuk meredakan keluhan tertentu. Pada artikel ini akan dibahas mengenai manfaat konsumsi pepaya terhadap tubuh khususnya pencernaan. 

.

Apa saja manfaat pepaya bagi pencernaan kita?

Buah pepaya

Buah dari tumbuhan pepaya yang sudah matang mengandung banyak kandungan air dan serat. Setiap 100g buah pepaya mengandung 0,8g kandungan serat. Mengonsumsi buah pepaya tentunya dapat membantu melancarkan pencernaan karena kandungan air yang tinggi dan serat yang terdapat dalam buah tersebut. Dibandingkan dengan buah-buahan lain seperti apel, pisang, semangka, dan jeruk, buah pepaya memiliki kadar tertinggi multivitamin dan mineral seperti vitamin C, vitamin A, vitamin B2, vitamin B1, vitamin B3, kalsium, kalium, dan besi. Meskipun pepaya memiliki kandungan air, vitamin, dan mineral yang tinggi, buah pepaya mengandung nilai kalori yang rendah, yaitu sekitar 32kcal/100g sehingga buah pepaya biasa dikonsumsi untuk membantu program pengaturan berat badan.

Baca juga: Wajib Tahu: 14 Fakta Menarik Tentang Serat!

.

Daun pepaya

Penggunaan tumbuhan pepaya tidak terbatas hanya pada buahnya saja. Seperti yang kita ketahui penggunaan daun pepaya untuk dikonsumsi juga sudah lumrah pada masyarakat Indonesia. Berbeda dengan buah pepaya, daun pepaya memiliki kandungan protein, lemak, dan serat yang lebih tinggi dibanding buahnya. Lebih tingginya kandungan protein, lemak, dan serat yang ada pada daun pepaya ini tentunya menyebabkan lebih tingginya nilai kalori pada daun pepaya, yaitu sebanyak 348kcal/100g.

.

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*