Baca Ini Sebelum Konsumsi Suplemen Enzim Pencernaan!

Sumber gambar: freepik.com

Suplemen enzim pencernaan adalah produk suplemen yang dibuat untuk ‘meniru’ kerja enzim pencernaan alami yang ditemukan di dalam tubuh kita yang berfungsi untuk memecah dan menyerap makanan. Suplemen enzim ini sudah dijual bebas dengan klaim penggunaannya dapat meringankan keluhan dan masalah pada perut serta sebagai terapi untuk penyakit yang menyebabkan gangguan enzim pencernaan.

Sebenarnya, enzim pencernaan alami dapat kita peroleh dari makanan yang dikonsumsi sehari-hari seperti buah-buahan dan sayuran. Sebagai contoh, pepaya mengandung enzim sejenis protease yang disebut dengan papain yang berperan dalam memecah protein makanan. Alpukat mengandung enzim lipase yang memecah molekul lemak menjadi asam lemak dan gliserol. Sedangkan kimchi mengandung bakteri Bacillus yang menghasilkan enzim protease, lipase, dan amilase yang membantu memecah protein, lemak, dan karbohidrat.

.

Baca juga: Tahukah Enzim Apa yang Berperan Penting dalam Proses Pencernaan Makananmu?

.

Apakah perlu mengonsumsi suplemen enzim?

Apakah suplemen enzim pencernaan dapat menjadi pilihan awal untuk diminum ketika perut terasa kembung, melilit, diare, sembelit, dan tidak nyaman? Sebenarnya, ketika kita mengalami keluhan pada perut, hal pertama yang perlu kita lakukan adalah mengevaluasi makanan apa saja yang kita makan dan apakah kebiasaan makan kita sudah benar atau tidak. Buatlah daftar makanan apa saja yang sering membuat keluhan perut Anda muncul sehingga dapat dieliminasi dari daftar makanan Anda. Apabila keluhan tersebut terus mengganggu dan tidak kunjung membaik, maka konsultasikan diri Anda kepada dokter agar Anda dapat mengetahui penyakit dan tatalaksana yang tepat. Dokter akan memilihkan obat atau suplemen enzim pencernaan yang aman dan sesuai dengan hasil pemeriksaan yag dilakukan. Sebab, penggunaan suplemen enzim pencernaan bisa saja menimbulkan efek samping seperti sakit perut, kembung, mual, dan alergi.

.

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*