Tahukah Enzim Apa yang Berperan Penting dalam Proses Pencernaan Makananmu?

Sumber gambar: freepik.com

Setiap makanan yang kita konsumsi akan diproses dalam saluran pencernaan. Proses ini bertujuan untuk menyerap nutrisi pada makanan yang penting bagi tubuh dan menghasilkan energi agar kita dapat beraktivitas sehari-hari. Proses pencernaaan melibatkan berbagai organ seperti mulut, kerongkongan, lambung, hati, empedu, pankreas, dan usus. Setiap organ tersebut memiliki perannya masing-masing saat mencerna makanan yang masuk. Untuk memecah makanan yang kita makan agar mudah diserap oleh tubuh, organ pencernaan akan dibantu oleh keberadaan enzim pencernaan.

Enzim pencernaan beperan untuk memecah molekul besar dan kompleks yang membentuk protein, karbohidrat, dan lemak (makronutrien) menjadi lebih kecil, sehingga nutrisi dari makanan ini mudah diserap ke dalam aliran darah dan dibawa ke seluruh tubuh. Sebagian besar enzim pencernaan diproduksi di lambung, pankreas, dan usus. Bahkan, kelenjar ludah kita pun juga menghasilkan enzim pencernaan untuk mulai memecah molekul makanan saat kita masih mengunyah.

.

Apa saja enzim pencernaan yang ada di organ saluran cerna kita?

Enzim Amilase

Amilase adalah enzim pencernaan yang sangat penting untuk mencerna karbohidrat atau zat pati, yaitu memecah pati menjadi glukosa. Amilase dikeluarkan oleh kelenjar ludah dan pankreas. Saat kita mengunyah makanan yang mengandung karbohidrat, kelenjar ludah akan mengeluarkan enzim amilase. Setelah makanan ditelan akan diproses lebih lanjut di usus halus dengan enzim amilase yang telah dihasilkan oleh pankreas. Glukosa sebagai hasil dari pemecahan akan diserap melalui dinding usus dan ke sirkulasi darah. Pengukuran kadar amilase dalam darah dapat digunakan sebagai bantuan dalam mendiagnosis penyakit pada pankreas atau penyakit saluran pencernaan lainnya.

Baca juga: Ketahui Manfaat Air Liur dan Cara Mengunyah Makanan yang Tepat

.

Enzim Maltase

Maltase adalah enzim yang dikeluarkan oleh usus halus dan bertanggung jawab untuk memecah maltosa menjadi glukosa. Maltosa juga sering disebut dengan gula malt yang biasanya ditemukan pada biji-bijan, gandum, jagung, ubi, dan kentang. Selama proses pencernaan, pati diubah sebagian menjadi maltosa oleh amilase. Kemudian maltosa akan diubah oleh maltase menjadi glukosa yang digunakan segera oleh tubuh sebagai energi atau disimpan di hati sebagai cadangan untuk digunakan di masa mendatang.

.

Enzim Laktase

Laktase adalah enzim yang memecah laktosa, yaitu gula yang ditemukan dalam produk susu. Enzim ini akan akan memecah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa. Laktase diproduksi oleh sel yang melapisi saluran usus. Ketika tubuh seseorang tidak cukup banyak memproduksi enzim laktase, maka pada tubuh orang tersebut akan terjadi gangguan pencernaan. Gangguan tersebut disebut dengan intoleransi laktosa. Orang dengan intoleransi laktosa akan mengalami keluhan perut terasa tidak nyaman, kembung, dan diare ketika mengonsumsi produk susu sebab laktosa yang tidak diserap mengalami fermentasi oleh bakteri yang menghasilkan gas dan gangguan pada usus.

.

Enzim Sukrase

Sukrase dikeluarkan di usus halus, ditemukan di sepanjang vili-vili atau tonjolan usus. Enzim ini bertugas untuk memecah sukrosa menjadi fruktosa dan glukosa. Sukrosa adalah jenis gula yang bisa kita dapatkan dari gula pasir, gula bit, dan tebu.

.

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*