Benarkah Kondisi Saluran Cerna Kita Memengaruhi Sistem Kekebalan Tubuh?

Sumber gambar: freepik.com

Memasuki new normal pada masa pandemi ini, kita dituntut untuk memiliki imunitas atau daya tahan tubuh yang optimal agar tubuh senantiasa sehat, tidak mudah sakit, dan terhindar dari berbagai macam infeksi virus, bakteri, jamur, dan parasit. Konsumsi makanan bergizi seimbang dan air putih yang cukup, olahraga teratur, serta istirahat yang berkualitas merupakan beberapa cara untuk menjaga imunitas tubuh. Namun, tahukan Anda bahwa saluran cerna memiliki peran penting terhadap imunitas tubuh?

.

Peran sistem pencernaan terhadap sistem kekebalan tubuh

Sistem pencernaan manusia memiliki beragam fungsi selain menghaluskan dan menyerap nutrisi makanan yang hanya mencakup sebagian fungsi saluran cerna. Ternyata, saluran cerna merupakan organ pertahanan dan kekebalan tubuh terbesar. Sekitar 70-80% perkembangan sel imun dipengaruhi oleh saluran cerna. Saluran cerna kita yang memiliki luas permukaan sekitar 400 m2 memang sangat berpotensi menjadi tempat masuknya kuman, baik dari dalam maupun luar tubuh, seperti lewat makanan yang kita konsumsi setiap hari. Saluran cerna dapat melawan kuman tersebut melalui pertahanan mekanis, pertahanan kimia, pertahanan imunitas, dan pertahanan biologi. Pertahanan mekanis terdiri dari lapisan sel usus yang berfungsi melindungi saluran cerna dari invasi kuman dan lendir yang berfungsi untuk menjebak kuman. Contoh pertahanan kimia adalah asam lambung yang dapat membunuh kuman yang masuk dan enzim-enzim yang bersifat antibakteri. Sedangkan Imunoglobulin A (IgA), sel darah putih, makrofag, sel pembunuh alami, plak Peyer, dan kelenjar getah bening merupakan pertahanan imunitas. IgA berperan memblok perlekatan bakteri jahat pada lapisan usus dan menetralisir zat racun serta virus. Gangguan pada komponen tersebut dapat menimbulkan peradangan atau alergi. Ketika usus meradang, lapisan usus menjadi meregang dan kurang kuat sehingga kuman akan mudah masuk. Sedangkan pertahanan biologi adalah adanya bakteri baik di usus yang berperan membantu melawan kuman yang masuk.

.

Baca juga: Selain Yoghurt, Konsumsi Makanan Ini untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh Anda terhadap Virus Corona

.

Peran mikrobiota dalam sistem kekebalan tubuh

Saluran cerna merupakan rumah bagi triliunan mikroba yang terdiri dari berbagai macam jenis. Kumpulan mikroba yang hidup di tubuh disebut dengan mikrobiota. Hubungan timbal balik yang dibentuk oleh mikrobiota dan saluran cerna memiliki peran besar dalam perkembangan imun saluran cerna. Mikrobiota usus juga memiliki dampak besar terhadap kesehatan dan kekebalan tubuh secara umum diluar sistem pencernaan seperti perannya dalam proses metabolisme, kesehatan jantung dan pembuluh darah, serta saraf. Mikrobiota juga berkontribusi pada penyesuaian respon imun seperti meningkatkan toleransi terhadap mikroba yang tidak berbahaya, dan membantu menjaga toleransi diri (kemampuan sistem kekebalan untuk tidak bereaksi merugikan diri sendiri).

.

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*