Perdarahan Usus Halus, Salah Satu Penyebab Ada Darah di Tinja

Sumber gambar: freepik.com

Tahukah kamu bahwa usus halus adalah bagian terpanjang dari saluran pencernaan kita? Usus halus kita memiliki panjang sekitar enam meter bahkan lebih. Usus halus memiliki peran penting dalam penyerapan nutrisi dari makanan. Dibandingkan dengan bagian saluran cerna lainnya, usus halus adalah tempat yang jarang untuk terjadi perdarahan. Namun, perdarahan di usus halus dapat menjadi penyebab paling umum dari perdarahan saluran cerna yang tidak jelas asalnya. Sekitar 5% dari perdarahan saluran cerna disebabkan karena perdarahan pada usus halus. Pendarahan pada usus halus memiliki banyak penyebab yang mendasari dan mungkin menjadi penyebab adanya darah pada tinja atau anemia pada beberapa pasien. Karena usus halus sangat panjang dan pergerakannya tinggi, maka untuk menemukan sumber perdarahan di usus halus tentunya merupakan tantangan yang besar.

Dalam beberapa tahun terakhir, ketersediaan inovasi alat pemeriksaan penunjang untuk mendeteksi perdarahaan usus halus semakin canggih, seperti kapsul endoskopi, double-balloon enteroscopy (DBE), dan CT Enterografi. Dengan pemeriksan penunjang tersebut tentunya telah membantu para klinisi untuk memahami lebih baik tentang penyebab perdarahan usus halus. Dalam artikel ini, kita akan membahas penyebab, gejala, dan pemeriksaan yang dilakukan untuk mendeteksi perdarahan usus halus, serta pilihan terapi apa saja yang tersedia untuk pasien.

.

Apa saja penyebab perdarahan usus halus?

Berbagai jaringan yang tidak normal pada dinding usus halus dapat menyebabkan terjadinya perdarahan. Penyebab paling sering yang ditemui adalah kelainan vaskular atau kelainan pembuluh darah pada dinding usus halus. Penyebab lain yang dapat menimbulkan pendarahan usus halus antara lain tumor jinak, tumor ganas, polip, penyakit Crohn, dan adanya luka pada dinding usus halus. Kelainan vaskular dan adanya luka pada usus halus akibat konsumsi obat anti-nyeri golongan Nonsteroidal Anti-Inflammatory (NSAID) adalah penyebab umum perdarahan usus halus yang ditemui pada orang tua. Sedangkan tumor dan penyakit Crohn adalah penyebab umum perdarahan usus halus yang terjadi pada pasien di bawah usia 40 tahun.

Baca juga: Hati-hati! Obat Pereda Nyeri Dapat Menyebabkan Gangguan hingga Perdarahan Saluran Cerna

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*