World Digestive Health Day (WDHD) 2018: Mari Tanggap akan Virus Hepatitis B dan C!

Oleh : Yockie Dheafithraza, Apt

  

World Digestive Health Day (WDHD) merupakan peringatan rutin yang dilakukan oleh World Gastroenterology Organization (WGO). Hal pokok yang disampaikan tahun 2018 ini mengenai Virus Hepatitis B dan C: Lift the Global Burden.

Virus hepatitis merupakan infeksi yang menyebabkan peradangan pada hati. Sebagian besar kasus virus hepatitis disebabkan oleh 1 dari 5 jenis virus yang paling banyak saat ini. Virus tersebut antara lain virus hepatitis A (HAV), virus hepatitis B (HBV), virus hepatitis C (HCV), virus hepatitis D (HDV), dan virus hepatitis E (HEV). Dari lima virus hepatitis di atas, semuanya dapat menyebakan hepatitis akut (berlangsung cepat). Namun, hanya HBV, HCV, dan HDV yang sering menyebabkan hepatitis kronis yang bisa berujung pada sirosis hati dan kanker hati.

Data dari WHO mengungkap bahwa sekitar 325 juta orang diseluruh dunia terinfeksi HBV dan HCV kronis. Pada tahun 2015, sekitar 1.34 juta kematian disebabkan oleh virus hepatitis, jumlah ini sebanding dengan kematian yang disebabkan oleh Tuberculosis (TBC) dan HIV. Dilaporkan juga bahwa pada tahun 2015, sekitar 1.75 juta orang yang baru terinfeksi HCV. Sementara diperkirakan 257 juta orang dewasa yang lahir sebelum adanya vaksin dilaporkan terkena HBV kronis pada tahun 2015.

Dengan berlandasakan banyaknya penderita kasus hepatitis seperti diatas, World Gastroenterology Organization (WGO) akan berusaha untuk meningkatkan kesadaran akan virus hepatitis B dan C melalui kampanye, advokasi dan kesadaran publik tahunan, World Digestive Health Day (WDHD). WDHD dirayakan setiap tahun pada tanggal 29 Mei dengan acara, kegiatan, dan inisiatif terkait yang berlangsung sepanjang tahun. WDHD menghadirkan ahli-ahli dari berbagai macam bidang keilmuan, antara lain gastroenterologis, ahli hepatologi, untuk memberikan pemahaman kepada pasien dan masyarakat awam akan pemahaman tentang penelitian dasar dan klinis terbaru dalam pencegahan, diagnosis, pengobatan dan pengawetan virus Hepatitis B dan C.

Kampanye WDHD ini menginformasikan kepada dokter, apoteker, ahli kesehatan, petugas kesehatan dan masyarakat umum tentang pravalensi, faktor risiko dan penyebab virus hepatits B dan C. Lebih diutamakan lagi pada pendekatan berbasis bukti dan berpusat pada diagnosis serta pencegahannya. Tidak hanya iu, kampanye ini juga untuk memastikan ketersediaan pengobatan di negara-negara dimana virus hepatitis B dan C banyak diderita.

Melalui kampanye ini juga WGO memberikan pesan sederhana bagi masyarakat umum untuk membantu mereka memahami bagaimana virus Hepatitis B dan C memengaruhi kehidupan sehari-hari seseorang dan kepentingannya dalam kesehatan. Kedua, WGO akan mengembangkan informasi untuk para profesional kesehatan, baik generalisasi dan spesialis dengan penekanan pada para profesional di daerah-daerah yang rendah sumber daya dan sudah berkembang. Melalui kampanye WDHD 2018 ini, WGO berharap dapat membantu memberikan pemahaman dan pengakuan yang lebih baik terhadap virus Hepatitis B dan C sebagai beban global. Mari kita dukung WGO dalam menanggapi Hepatitis B dan C di dunia, khususnya di Indonesia.

Sumber :

http://www.worldgastroenterology.org/wgo-foundation/wdhd/wdhd-2018/message-from-chair
Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*