Tahukah Enzim Apa yang Berperan Penting dalam Proses Pencernaan Makananmu?

Sumber gambar: freepik.com

Setiap makanan yang kita konsumsi akan diproses dalam saluran pencernaan. Proses ini bertujuan untuk menyerap nutrisi pada makanan yang penting bagi tubuh dan menghasilkan energi agar kita dapat beraktivitas sehari-hari. Proses pencernaaan melibatkan berbagai organ seperti mulut, kerongkongan, lambung, hati, empedu, pankreas, dan usus. Setiap organ tersebut memiliki perannya masing-masing saat mencerna makanan yang masuk. Untuk memecah makanan yang kita makan agar mudah diserap oleh tubuh, organ pencernaan akan dibantu oleh keberadaan enzim pencernaan.

Enzim pencernaan beperan untuk memecah molekul besar dan kompleks yang membentuk protein, karbohidrat, dan lemak (makronutrien) menjadi lebih kecil, sehingga nutrisi dari makanan ini mudah diserap ke dalam aliran darah dan dibawa ke seluruh tubuh. Sebagian besar enzim pencernaan diproduksi di lambung, pankreas, dan usus. Bahkan, kelenjar ludah kita pun juga menghasilkan enzim pencernaan untuk mulai memecah molekul makanan saat kita masih mengunyah.

.

Apa saja enzim pencernaan yang ada di organ saluran cerna kita?

Enzim Amilase

Amilase adalah enzim pencernaan yang sangat penting untuk mencerna karbohidrat atau zat pati, yaitu memecah pati menjadi glukosa. Amilase dikeluarkan oleh kelenjar ludah dan pankreas. Saat kita mengunyah makanan yang mengandung karbohidrat, kelenjar ludah akan mengeluarkan enzim amilase. Setelah makanan ditelan akan diproses lebih lanjut di usus halus dengan enzim amilase yang telah dihasilkan oleh pankreas. Glukosa sebagai hasil dari pemecahan akan diserap melalui dinding usus dan ke sirkulasi darah. Pengukuran kadar amilase dalam darah dapat digunakan sebagai bantuan dalam mendiagnosis penyakit pada pankreas atau penyakit saluran pencernaan lainnya.

.

Enzim Maltase

Maltase adalah enzim yang dikeluarkan oleh usus halus dan bertanggung jawab untuk memecah maltosa menjadi glukosa. Maltosa juga sering disebut dengan gula malt yang biasanya ditemukan pada biji-bijan, gandum, jagung, ubi, dan kentang. Selama proses pencernaan, pati diubah sebagian menjadi maltosa oleh amilase. Kemudian maltosa akan diubah oleh maltase menjadi glukosa yang digunakan segera oleh tubuh sebagai energi atau disimpan di hati sebagai cadangan untuk digunakan di masa mendatang.

.

Enzim Laktase

Laktase adalah enzim yang memecah laktosa, yaitu gula yang ditemukan dalam produk susu. Enzim ini akan akan memecah laktosa menjadi glukosa dan galaktosa. Laktase diproduksi oleh sel yang melapisi saluran usus. Ketika tubuh seseorang tidak cukup banyak memproduksi enzim laktase, maka pada tubuh orang tersebut akan terjadi gangguan pencernaan. Gangguan tersebut disebut dengan intoleransi laktosa. Orang dengan intoleransi laktosa akan mengalami keluhan perut terasa tidak nyaman, kembung, dan diare ketika mengonsumsi produk susu sebab laktosa yang tidak diserap mengalami fermentasi oleh bakteri yang menghasilkan gas dan gangguan pada usus.

.

Enzim Sukrase

Sukrase dikeluarkan di usus halus, ditemukan di sepanjang vili-vili atau tonjolan usus. Enzim ini bertugas untuk memecah sukrosa menjadi fruktosa dan glukosa. Sukrosa adalah jenis gula yang bisa kita dapatkan dari gula pasir, gula bit, dan tebu.

.

Enzim Lipase

Lipase adalah enzim yang bertanggung jawab untuk memecah lemak menjadi asam lemak dan gliserol. Enzim ini diproduksi dalam jumlah kecil pada mulut dan lambung Anda, dan dalam jumlah yang lebih besar oleh pankreas Anda. Beberapa organ akan bekerja sama untuk mencerna makanan yang mengandung lemak. Makanan yang sudah melewati lambung akan masuk ke dalam usus dua belas jari dimana proses emulsifikasi lemak akan berlanjut dengan bantuan cairan empedu yang dihasilkan oleh hati. Di saat yang bersamaan pankreas akan mengeluarkan enzim lipase dan lemak akan dipecah menjadi bentuk yang lebih kecil.

.

Enzim Protease

Enzim protease juga bisa disebut dengan enzim peptidase, proteolitik, atau proteinase. Enzim pencernaan ini berperan untuk memecah protein menjadi asam amino. Protease diproduksi di lambung dan pankreas. Terdapat beberapa jenis enzim protease, antara lain:

Pepsin: Pepsinogen (pepsin dalam bentuk tidak aktif) akan bertemu dengan asam lambung sehingga berubah menjadi pepsin. Pepsin berperan untuk memecah protein menjadi molekul yang lebih kecil yaitu peptida.

Tripsin: Tripsinogen (tripsin dalam bentuk tidak aktif) diproduksi oleh pankreas akan dibawa ke usus kecil dan berubah menjadi bentuk yang aktif yaitu enzim tripsin. Tripsin kemudian mengaktifkan enzim pankreas tambahan, seperti enzim karboksipeptidase dan enzim kimotripsin untuk membantu memecah peptida menjadi asam amino sehingga dapat diserap oleh usus.

Setelah makanan masuk dan diproses oleh mulut hingga usus halus, makanan akan masuk ke dalam usus besar dan melanjutkan proses untuk penyerapan vitamin dengan bantuan bakteri-bakteri yang ada disana. Pada usus besar, sudah tidak ditemukan enzim-enzim seperti di usus halus, lambung, pankreas, dan mulut. Tugas usus besar lainnya adalah untuk menyerap air dan mengubah sisa makanan menjadi tinja yang akan dikeluarkan dari tubuh.

.

Enzim pencernaan memegang peranan yang sangat penting untuk proses pencernaan makanan di dalam tubuh kita. Beberapa kondisi kesehatan tertentu seperti radang atau infeksi pada pankreas dan saluran cerna, gangguan metabolik, serta genetik dapat mengganggu produksi enzim saluran cerna. Selain itu, gaya hidup yang tidak sehat seperti sering mengonsumsi makanan atau minuman yang meningkatkan peradangan usus termasuk kopi, alkohol, gula, makanan olahan, dan merokok dapat menjadi penyebab produksi enzim pencernaan kita menjadi terganggu. Jika Anda mengalami gangguan pada saluran cerna, maka Anda mungkin membutuhkan tambahan suplemen enzim untuk memperbaiki proses pencernaan dan penyerapan nutrisi di tubuh. Namun, konsultasikan dulu kepada dokter untuk mengetahui tatalaksana apa yang tepat untuk kondisi Anda.

.

Referensi
Nutrihub. n.d. Digestive Enzymes: The Key to Optimum Health. Available online at https://nutrihub.org/downloads/digestive-enzymes-education-article-web.pdf

Malik TF, Panuganti KK. 2021. Lactose Intolerance. In: StatPearls. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK532285/

Pandol SJ. 2010. The Exocrine Pancreas. San Rafael (CA): Morgan & Claypool Life Sciences. Digestive Enzymes. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK54127/

Patricia JJ, Dhamoon AS. 2020. Physiology, Digestion. In: StatPearls. Treasure Island (FL): StatPearls Publishing. Available from: https://www.ncbi.nlm.nih.gov/books/NBK544242/

Rompianesi G, Hann A, Komolafe O, Pereira SP, Davidson BR, Gurusamy KS. 2017. Serum amylase and lipase and urinary trypsinogen and amylase for diagnosis of acute pancreatitis. Cochrane Database Syst Rev. 4(4):CD012010. doi: 10.1002/14651858.CD012010.pub2.

Please follow and like us:

Be the first to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.


*